Selasa, 27 November 2012

Jalasenastri diusia 66 tahun


PUPUK RASA KEBERSAMAAN, KEKELUARGAAN DAN RASA KEPEDULIAN
Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, dan kehidupan bermasyarakat yangdamai serta selalu berusaha memecahkan dampak permasalahan yang ada danimplikasi negatif yang ditimbulkannya, merupakan pengabdian Jalasenastri dalammembantu program pemerintah.
Diiringi rasa syukur dan kebahagiaan, Jalasenastri sebagai organisasi istriistri prajurit TNI AL memasuki usianya yang ke 66. Suatu perjalanan yang panjang, semoga diusianya ini akan bertambah pula kualitas dan perannya dalam mendukung tugas dan pengabdian TNI Angkatan Laut.
Jalasenastri sebagai organisasi ekstra struktural TNI AL, memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu membantu dinas di dalam meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya, kebulatan tekad warga Jalasenastri untuk lebih peduli kepada masalahmasalah sosial, pendidikan dan kegiatan lainnya. Dan ini akan terus berjalan dengan tetap konsisten dalam memperhatikan, membantu dan meningkatkan kepeduliannya.
Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada peringatan ulang tahun kali ini juga sebagai momentum, sekaligus intropeksi diri untuk mengevaluasi atas segala sesuatu yang telah dilaksanakan selama ini, dan akan digunakan sebagai bahan untuk dapat meningkatkan lagi dan memperkuat spirit dan motivasi serta komitmen pengabdian dimasa yang akan datang.
Tema HUT disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini dan terkait dengan tugas-tugas yang dihadapi organisasi kedepan untuk mengimplementasikan tujuan di atas yaitu, “DENGAN DILANDASI KEBERSAMAAN, JALASENASTRI BERTEKAD MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL, PENDIDIKAN DAN KREATIFITAS SERTA CINTA LINGKUNGAN GUNA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN PRAJURIT TNI ANGKATAN LAUT BESERTA KELUARGANYA”.
Dalam sambutannya Ketua Umum Jalasenastri Ny. Lilik Soeparno mengisyaratkan lima hal pokok yang menjadi perhatian Jalasenastri yakni, kebersamaan, kepedulian sosial, pendidikan, kreatifitas dan kesejahteraan. Karena ini merupakan isyarat bahwa untuk mewujudkan semuanya harus didukung adanya kebersamaan, oleh karenanya Ny. Lilik Soeparno mengajak anggota Jalasenastri dimanapun berada dan bertugas, untuk selalu memupuk kebersamaan dan kekeluargaan serta disertai adanya rasa kepedulian.
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno yang sekaligus sebagai Pembina Utama Jalasenastri, mengingatkan kepada seluruh anggota Jalasenastri untuk tetap melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pembentukan dan pendirian awal organisasi Jalasenastri.
Dikatakan pula bahwa ini merupakan perhatian dinas kepada istri-istri prajurit yang sementara waktu ditinggal para suami untuk melaksanakan tugasnya, sehingga terjalin tali silahturahmi diantara sesama istri prajurit dengan saling membantu dilandasi silih asah dan silih asuh.
Puncak acara HUT ke 66 Jalasenastri
Dengan berjalannya waktu maka terbentuklah organisasi istri-istri prajurit TNI AL yaitu Jalasenastri.
Pembina Utama Jalasenastri memberikan apresiasi yang tinggi kepada Jalasenastri atas peran sertanya dan mampu bersinergi kepada dinas dalam membina keluarga dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan anggotanya, utamanya pembinaan pendidikan putra-putrinya, karena pendidikan merupakan langkah untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berguna bagi dirinya dalam menata kehidupannya kelak.
Diakhir sambutannya Kasal berharap, organisasi Jalasenastri dapat menyiasati perkembangan tata kehidupan sekarang ini yang semakin kompleks dan terus bekerja keras dengan upaya sungguh-sungguh, sehingga implementasi dari makna tema yang terkandung dapat dirasakan manfaatnya, bukan hanya di lingkungan keluarga besar Jalasenastri tapi juga di masyarakat pada umumnya.
Kasal juga berpesan pelihara terus suasana kerja organisasi yang kondusif dengan rasa saling menghormati dan menghargai, sehingga seluruh anggota Jalasenastri merasa dihargai peran sertanya terhadap kepentingan organisasi.
Dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke 66, beberapa kegiatan telah dilaksanakan Jalasenastri diantaranya, menyelenggarakan berbagai macam lomba yang bertujuan selain menggali kreatifitas anggota di bidang ketrampilan, juga menggugah semangat cinta budaya Indonesia. Kegiatan yang tidak kalah pentingnya yaitu, kunjungan sosial ke kotama-kotama untuk memberikan bantuan biaya pendidikan, serta kegiatan sosial lainnya, ini adalah wujud kepedulian organisasi Jalasenastri untuk membantu dinas, dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga prajurit TNI Angkatan Laut. Dirgahayu Jalasenastri. ©Supendi.
Cakrawala Edisi 412 Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar